Tanggal 8 – 10 oktober 2010 kemarin siswa baru dari SMP dan SMK Wijaya Putra Surabaya mengadakan kegiatan LDKS dan Outbound yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Semen Gresik. Kegiatan ini berjalan cukup lancar dalam pelaksanaan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ini. Diawali pembukaan yang dilaksanakan di halaman sekolah Wijaya Putra dengan berdoa bersama agar diberi kemudahan selama berada disana. Setelah itu kami semua berangkat menuju ke bumi perkemahan Semen Gresik.

Sesampai disana, mereka mempersiapkan diri membentuk satu kelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk saat masih di halaman sekolah. Kemudian para panitia memasangkan pita berwarna pada setiap anggota kelompok yang berbeda. Setelah itu semua peserta dan panitia pelaksana kegiatan dibariskan untuk bersiap diri menuju tenda yang sudah dipersiapkan.

Selama tiga hari semua peserta dididik dengan berbagai macam kegiatan, merupakan jenis latihan di alam terbuka (outdoor) untuk pengembangan diri (self development) yang disimulasi melalui permainan-permainan educating (educative game) baik secara individual maupun kelompok dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, berpikir kreatif, rasa kebersamaan, tanggung jawab, komunikasi, rasa saling percaya, dll. salah satunya adalah pendidikan budi pekerti yang sangat begitu kental disekolah ini. Dalam pengertian budi pekerti yang disampaikan oleh Bapak Drs. H. Agus Budi Rahayu, SE,.MM. Yang tak lain adalah kepala Pendidikan Budi Pekerti di sekolah ini. Selain itu ada beberapa game seru yang melatih kebersamaan dan kesabaran. Beberapa game itu ada : Bola berpindah, Bola Bergulir, Flying Fox, Jembatan Bergoyang, Kereta Buta dan berbagai macam permainan lain yang sangat seru dan menegangkan.

Semoga dari kegiatan tersebut bisa membentuk siswa agar bisa menjadi seorang pemimpin dan berbudi pekerti luhur, dan bisa diterapkan baik disekolah, dirumah, di lingkungan masyarakat dan di dunia kerja nantinya.