NIKON VS CANON

 

– Nikon warnanya lebih keluar kalau buat foto landscape/pemandangan dan outdoor (rata2 temen fotografer landscape yg gw pernah tahu pakenya Nikon).
– Canon warnanya lebih natural kalau buat foto orang/manusia (katanya Darwis Triadi si fotografer model pake Canon)
kalo Nikon warnanya lebih keluar jadi lebih ceria dan ngejreng.
kalo Canon lebih soft.

· Kualitas Gambar

Kalo urusan ini, uda pake aja Nikon D5000, karena kualitas gambar dari lensa kit Canon 500D masih sedikit jelek )lensa kit adl lensa yang dijual bersamaan dengan body camera). Malah kualitas pesaing lain yaitu Olympus E620 jauh lebih bagus dari Canon, bayangin aja dengan harga Rp8jt, uda dapetin Olympus dengan 2 lensa !!! lensa kit Canon 18-55mm memang berkualitas kurang bagus, terutama noise nya masih tinggi, kecuali kalo sampeyan beli BO (body only, body camera nya saja), trus pasang lensa 18-200mm yang berkualitas top, nah hasilnya bisa beda, Canon yang terbaik, tapi harga lensanya sendiri Rp5,6jt (hiks!!). kalo beli Nikon D5000, kuaitas lensa kit nya uda bagus, noisenya jg bagus. Ada beberapa orang yg lebih pilih Canon 500D, krn dia 15 megapixels, sementara Nikon 12 megapixels, tapi untuk beberapa profesional, perbedaan ini ga terlalu masalah, tergantung trik dari the man behind the gun-nya aja. Untuk perbandingan hasil jepretan, buka aja di internet, bisa puas membandingkan hasil bidikan dari camera tersebut.

· Kemudahan

Nah, hal ini relatif sih. Kalo kalian benar2 belum bisa meninggalkan kebiasaan menggunakan ‘tata cara’ motret dgn style compact camera atau prosumer, nah pake aja Nikon D5000, karena banyak fitur2/ mode yang mirip camera prosumer, misalkan fitur photo candle light tanpa perlu banyak setting ini itu. Nah kalo benar2 mau ekstrem dan total sbg SLR sejati, pake Canon 500D aja, percaya deh setelah pake camera ini anda merasa sbg photographer profesional bgt (yg pasti butuh waktu adaptasi juga sih). Kelebihan lain di Nikon 5000D adalah LCD nya bisa digerakkan 360 derajat (tilt), jadi kalau mau foto di keramaian orang, tinggal angkat camera, LCD diarahkan 90 derajat kebawah, so ga ada masalah, sementara di Canon tidak bisa. Tapi tunggu dulu, tadi kan gw bilang kalo pake Canon tuh serasa photographer pro bgt, nah jendela bidik nya lebih terang saat melakukan manual focus, lebih besar dari pada Nikon, bagus utk focusing serta bg yang berkaca mata, selain itu LCD Canon lebih besar (3 inchi, Nikon 2.7inchi) dan lebih jernih (920rb piksel, sementara Nikon 230rb piksel), hal ini penting bgt utk mengecek kualitas hasil foto.

· Berat

Nikon uda jelas lebih ringan dari pada Canon, nah kalo suka berpergian, enakan bawa yang ringan kaannn… apa lagi kalo si SLR melingkar terus di leher selama kita travelling, berasa leher berat (sperti digelayutin tuyul…) tapi kalo kalian bawa seperangkat alat lensa, ya berat juga, misalkan di ransel uda bawa SLR plus lensa kitnya, trus bawa juga lenza tele lagi, ya sudah deh tambah berat aja. Utk canon memiliki battery grip, tambahan baterai di bawah body yg bakal membuat jadi tambah berat, tapi ga pusing baterai harus habis. Nah utk nikon D5000 ga memiliki battery grip (walalu di internet ada yg jual made china, tapi terkesan maksa banget dipasang di camera).

· Ketersediaan Lensa

Nah, untuk ketersediaan lensa, sama aja, Nikon & Canon memiliki availability yang wide range…apa aja ada deh… bahkan vendor lain spt Tamron, Sigma juga membuat lensa yang competibel dengan Nikon & Canon (sejujurnya lebih banyak lensa utk Canon sih). Kalo Olympus agak terbatas, yaitu lensa Zuiko (dan beberapa line up kecil dari vendor lain), dan ga beda jauh spt Sony. Lensa untuk Canon 500D lebih banyak sih, karena Nikon 5000D tidak bisa masuk ke sembarang lensa Nikon, khusus yang berkode AF-S.

· Video

Ga usah dipusingin, sama-sama menghasilkan gambar image yang HD, tapi sebagai pro , beli SLR ya utk memoto, bukan utk video. Krn klo mau video beli aja camcorder yg lebih murah dr SLR.

Ada beberapa product yang saya bandingkan :

A. Harga <== Hasil googling sana sini dan telp sana sini
1. Nikon D40 = Rp. 5.000.000,-
2. Canon 400D = Rp. 5.500.000,-
3. Nikon D60 = Rp. 6.250.000,-

B. Hasil jepretan ( dari sisi besar pixel gambar )
1. Nikon D40 = 6 MP
2. Canon 400D = 10 MP
3. Nikon D60 = 10 MP

C. Hasil jepretan ( dari sisi tajam gambar ) <== hasil baca di forum – forum
1. Nikon D40 = Jernih dan bening
2. Canon 400D = Soft
3. Nikkon D60 = Jernih dan bening

D. Kemudahan pengoperasian <=== hasil baca di forum – forum
1. Nikon D40 = Agak sulit katanya😀
2. Canon 400D = Mudah terutama bagi newbie
3. Nikon D60 = Agak sulit katanya😀